TINGKATKAN PENGAWASAN ORANG ASING, IMIGRASI ADAKAN RAPAT TIMPORA DI BUOL

WhatsApp Image 2019 08 22 at 10.30.00 AM 2

PALU – Dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap orang asing khususnya di Kabupaten Buol, Imigrasi Palu di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah selenggarakan rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Kabupaten Buol di Sri Utami Hotel, Pada Rabu (21/8). Kabupaten Buol sendiri merupakan wilayah terjauh yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Palu.

Kegiatan rapat tersebut di pimpin oleh Plt. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Sunaryo, rapat tersebut juga merupakan tindak lanjut dari pembentukan Timpora yang merupakan langkah nyata untuk memberikan kontribusi positif ke instansi pemerintah dan negara dalam rangka menjaga stabilitas nasional, kegiatan tersebut dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya, kegiatan tersebut menciptakan koordinasi dan sinergitas yang harmonis antar instansi terkait pengawasan orang asing di Kabupaten Buol.

WhatsApp Image 2019 08 22 at 10.30.00 AM 1

Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Sunaryo menyampaikan bahwa keberadaan orang atau Warga Negara Asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak. Berdasarkan amanat Undang-Undang Republik Indonesia nomor 6 tahun 2011, tentang Keimigrasian, Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013, tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011, tentang Keimigrasian dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 50 tahun 2016, tentang Pengawasan orang asing, perlu dilaksanakan rapat koordinasi timpora, sehingga koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi  dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan. Sebagai anggota Timpora, maka seluruh anggota mempunyai kewenangan melakukan tindakan hukum kepada orang asing yang melanggar hukum sesuai dengan bidang tugas masing-masing

Rapat tersebut juga menghadirkan Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Dimas Adhi Utomo sebagai Narasumber serta diikuti oleh 14 (Empat Belas) instansi pemerintah yang berada di Buol. (Humas Kanwil Sulteng)

WhatsApp Image 2019 08 22 at 10.30.00 AM

WhatsApp Image 2019 08 22 at 10.29.59 AM 1


Cetak   E-mail