Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

WhatsApp Image 2019 10 30 at 00.50.55 3

Palu, (30/10). Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) 2019 pada hari ini secara resmi di tutup oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (kemenkumham) Sulawesi Tengah, Zulkifli. Acara penutupan ini juga sekaligus dirangkaikan dengan acara pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada peserta dari empat Kabupaten yang berhasil menjadi juara, di antaranya Juara 1 Kabupaten Touna, Juara II Kabupaten Sigi, Juara III Kabupaten Banggai, dan Juara Harapan I Kabupaten Poso.

Empat Kabupaten yang menjadi pemenang tersebut berhasil menyingkirkan lawan-lawannya dari Kabupaten/Kota lainnya mulai dari babak penyisihan sampai babak perempat final. Dewan Juri yang terdiri dari unsur Kepolisian, Pengadilan, dan Kejaksaan memutuskan bahwa Kabupaten Tojo Una-una berhak menjadi pemenang pada lomba kadarkum tahun 2019 ini oleh karena perolehan nilai yang berhasil didapatkan melebihi dari Kabupaten Sigi sebagai pemenang kedua. Piagam Penghargaan, Piala, dan Hadiah bagi para pemenang di persembahkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah dan Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Palu sebagai sponsor dalam lomba tersebut.

Dengan ditetapkannya Kabupaten Touna sebagai pemenang dalam lomba kadarkum 2019 tingkat provinsi tersebut, maka secara otomatis Kabupaten Touna berhak mewakili Provinsi Sulawesi Tengah dalam lomba Kadarkum tingkat nasional yang diselenggarakan di Denpasar Bali pada tahun 2020 nanti.

Dalam sambutan penutupan, Kepala Kantor Wilayah mengatakan bahwa Masalah kesadaran hukum menjadi bertambah penting dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan  masyarakat. Peranan hukum diharapkan lebih dominan, baik untuk memelihara hasil pembangunan, mengarahkan upaya peningkatan pembangunan, maupun untuk memantapkan kehidupan sosial dan budaya.

Melalui pembangunan dan pengembangan budaya sadar hukum diharapkan dapat tercipta kesadaran dan kepatuhan hukum demi tegaknya supremasi hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga kesadaran, ketaatan serta kepatuhan terhadap hukum makin meningkat dan hak asasi manusia semakin dihormati dan dijunjung tinggi, sehingga tercipta ketentraman dan ketertiban hukum yang berintikan kejujuran, kebenaran dan keadilan untuk mewujudkan kepastian hukum dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan disiplin nasional.

Kepala Kantor Wilayah berharap melalui pelaksanaan kegiatan ini, agar seluruh aparatur dan masyarakat umum dapat mengetahui, memahami, menghayati, mentaati dan menerapkan hokum dalam bersikap dan bertingkah laku sehingga tujuan hukum untuk melindungi masyarakat serta melindungi hak dan kewajiban warga negara menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dapat terwujud.

Ucapan terima kasih dan Penghargaan Kakanwil berikan kepada segenap Panitia Penyelenggara dan semua pihak yang berperan dalam mensukseskan terlaksananya Lomba Kadarkum Tahun 2019. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada seluruh peserta lomba yang telah berpartisipasi mengikuti Lomba Kadarkum Tahun 2019 dan ucapan selamat bagi yang telah menjadi pemenang.

“Bagaimanapun juga tujuan lomba Kadarkum ini untuk menguji kemampuan dan pengetahuan para anggota dari kelompok Kadarkum yang menjadi peserta Lomba ini sejauh mana mereka menguasai masalah kesadaran hukum. Lomba Kadarkum dilakukan juga sebagai upaya untuk merekrut tenaga dan kader penyuluh hukum pada lingkungan masing-masing, baik di tempat pendidikan, lingkungan kerja dan masyarakat umum. Harapannya setelah lomba ini selesai, diharapkan ada gerakan implementasi pelaksanaan aturan hukum oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari”. Tutup Kakanwil.

WhatsApp Image 2019 10 30 at 00.50.55 2

WhatsApp Image 2019 10 30 at 00.50.55 5

WhatsApp Image 2019 10 30 at 00.50.55 4WhatsApp Image 2019 10 30 at 00.50.55

WhatsApp Image 2019 10 30 at 00.50.55 1