BANGUN PROFESIONALISME KEHUMASAN, STAFSUS MENKUMHAM BERIKAN PENGUATAN TENAGA KEHUMASAN

WhatsApp Image 2020 05 18 at 2.08.47 PM 3

PALU - Pagi ini, Senin (18/5), Jajaran Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) diseluruh Indonesia, baik dari Pejabat Struktural dan Perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Wilayah ikuti Teleconference dalam rangka penguatan Tugas dan Fungsi ke Humasan oleh Staff Khusus Menkumham Fajar Lase dan Bane Raja Manalu mantan jurnalis/eksekutif produser Metrotv.

Di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Tengah sendiri diikuti oleh Kabag Program dan Hubungan Masyarakat, Muhammad Said dan Kasubbag Humas, RB dan TI Asman beserta JFU yang bertugas kehumasan di Lingkungan Kemenkumham Sulawesi Tengah baik di UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi.

Mengawali kegiatan, Fajar Lasse sampaikan pentingnya peran Kehumasan dalam menyampaikan informasi yang baik dan benar, Fajar berharap pemberitaan yang disampaikan oleh Humas sesuai dengan fakta dilapangan yang berkembang di masyarakat.

Lebih lanjut, Fajar mengatakan saat ini Humas memiliki peran penting mempublikasikan kegiatan yang ada di masing-masing satuan kerja, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Ia berharap staf humas di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) berperan untuk menyampaikan informasi dan sebagai alat kontrol informasi terkait pemberitaan serta dapat menjadi tempat menampung input masyarakat, menganalisis input masyarakat, dan merespon cepat dalam menanggapi masyarakat.

WhatsApp Image 2020 05 18 at 2.08.47 PM 2

sementara itu, Bane Manalu yang mempunyai banyak pengalaman di bidang jurnalistik menjadi Narasumber pada kegiatan Teleconference mengenai Kehumasan di Kementerian Hukum dan HAM RI. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam dunia kehumasan yaitu Newsjacking yang terdiri dari Quotable, Release, mengomentari Peristiwa yang terjadi di Medsos maupun Direct Contact, Haus Informasi terutama berita Uptodate/Viral di masyarakat, serta mampu mengendalikan berita dimaksud.

Bane Manalu mengajak kepada humas di Jajaran Kemenkumham, "Cobalah berbicara yang baik dan sampaikan dengan baik. Mari kita mulai memanfaatkan keberadaan Humas untuk bisa lebih efisien dan efektif dalam menghadapi berbagai macam pemberitaan di masyarakat", ajak Bane.

Dengan adanya kegiatan ini, kedepannya Tim Humas akan lebih berani dan berhati-hati dalam menjawab pertanyaan media/publik. menurut keterangan Asman selaku Kasubbag Humas, RB dan TI di Kantor Wilayah Sulawesi Tengah, Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara periodik sehingga kualitas humas lebih meningkat. (Humas Kanwil Sulteng)

WhatsApp Image 2020 05 18 at 2.08.47 PM

WhatsApp Image 2020 05 18 at 2.08.47 PM 1

WhatsApp Image 2020 05 18 at 2.08.48 PM


Cetak   E-mail