PEMBINAAN KEBUN LAPAS LANGALESO – DUA MINGGU LAGI KAMI AKAN PANEN JAMBU KRISTAL

WhatsApp Image 2022 07 07 at 12.38.47

 

SIGI – Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah Melalui Lapas Kelas IIA Palu maksimalkan lahan pertanian yang ada sebagai bentuk pembinaan kemandirian dan keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pembinaan yang diberikan sebagai salah satu tujuan utama Pemasyarakatan guna mempersiapkan para WBP disaat bebas nanti memiliki keahlian dan terampil serta produktif sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri. Salah satu keberhasilan para petugas dalam memberikan pembinaan kepada para WBP baik yang ada di Lapas maupun Rutan misalnya dalam kegiatan pertanian dan perkebunan. Syamsuddin, selaku Kasi Kegiatan Kerja Lapas kelas IIA Palu mengatakan bahwa Luas perkebunan Lapas Palu adalah 4 Hektare dengan bermacam – macam produk pertanian didalamnya.

WhatsApp Image 2022 07 07 at 12.38.47 1 “ Luas kebun ini kurang lebih 4 Hektare dan program pertanian didalam ini berupa peternakan Sapi, Kambing serta perkebunan jambu kristal, mangga dan kolam ikan, untuk WBP yang dibina disini adalah 10 orang dan petugas yang mengawasi ada 2 orang, tentunya WBP telah melalui program Asimilasi,” ungkap Syamsuddin. Dalam kesempatan tersebut, Kasi Giatja kemudian menyampaikan produk pertanian yang akan segera dipanen adalah Jambu Kristal. “ Sekitar 3000 pohon jambu kristal yang ditanam oleh WBP Kami disini mungkin sekitar 2 minggu lagi akan di panen, mungkin pada kesempatan tersebut akan dilakukan panen Raya, “ tutupnya.

WhatsApp Image 2022 07 07 at 12.38.47 2 Fungsi Lapas dan Rutan sebagai tempat pembinaan banyak mendapat acungan jempol dari masyarakat. Sangat berbeda jauh dengan sistem kepenjaraan zaman dahulu dimana pada saat itu efek jera sangat ditekankan kepada para narapidana sedangkan saat ini pada sistem Pemasyarakatan, fokus terhadap pelayanan serta pembinaan terhadap WBP. (Humas Kanwil Kemenkumham Sulteng) @kemenkumhamri
@ditjenpas #kemenkumhamsulteng
#kumhampasti

Cetak