SAMBANGI SAE MILIK LAPAS PALU, KAKANWIL KEMENKUMHAM SULTENG DAN ANGGOTA OMBUDSMAN RI PANEN JAMBU KRISTAL

WhatsApp Image 2023 03 27 at 17.50.54 

PALU - Sambangi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) milik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Palu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Budi Argap Situngkir bersama Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Jemsly Hutabarat lakukan panen jambu kristal hasil pertanian Warga Binaan. Senin, (27/3) pagi.

 

Usai melaksanakan kunjungannya ke Lapas Palu, kedua pimpinan yang saat itu didampingi oleh Ketua Ombudsman perwakilan Sulawesi Tengah, Moh. Iqbal Andi Magga, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Ricky Dwi Biantoro, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Raymond J.H Takasenseran serta ditemani langsung oleh Kepala Lapas Palu, Gunawan bersama jajarannya meninjau secara langsung pelaksanaan program SAE di Desa Langaleso.

 

Rombongan pun meninjau langsung pelaksanaan peternakan serta perkebunan yang dikelola langsung oleh para Warga Binaan Asimilasi milik Lapas Palu. Tidak hanya itu, disituasi yang sedang menjalankan ibadah puasa, rombongan turut melaksanakan panen buah Jambu Kristal yang merupakan program unggulan dimiliki Lapas Palu.

 WhatsApp Image 2023 03 27 at 17.51.23

“Kalau peternakan disini kami memiliki 3000 ekor Bebek, ada beberapa Ayam, Kambing dan Sapi dan pertanian pun, saat ini kami sedang menggarap tanaman Jagung dan Jambu Kristal yang penjualannya sudah sangat digemari oleh masyarakat di Kota Palu, ini adalah hasil warga binaan kita,” jelas Kalapas Palu.

 

Sementara itu, Kakanwil pun mengungkapkan bahwa dalam proses pembinaan Asimilasi di Lapas Palu telah melewati proses filterisasi atau penilaian secara tepat sesuai dengan ketentuan.

 

“Warga binaan yang ada disini telah mencapai syarat yang berlaku, jadi proses pemberiannya benar-benar terseleksi dengan baik, kita mau mereka bisa memanfaatkan ilmunya ini untuk kehidupan orang banyak,” urai Kakanwil.

 WhatsApp Image 2023 03 27 at 17.51.45

Mengaku senang dengan pemberdayaan para Warga Binaan, Jemsly berharap agar segala upaya yang diberikan tersebut dapat menghasilkan kesuksesan baik untuk Kemenkumham serta para Warga Binaan.

 

“Inilah hasil dari pelayanan prima yang diberikan, semoga ini terus dilaksanakan, bukan tidak mungkin, merekalah yang akan menjadi pendorong pembangunan bangsa di masa depan,” pungkasnya. (HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM SULTENG)

Cetak