TINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN WBP LEWAT BELA NEGARA DI RUTAN KELAS IIA PALU

WhatsApp Image 2019 09 28 at 12.45.21 PM 1

PALU – Bertempat di Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas IIA Palu, Puluhan Warga Binaan antusias ikuti kegiatan Wawasan Kebangsaan Bela Negara, pada Sabtu (28/9).

Bela Negara Merupakan sikap dan perilaku Warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Membuka kegiatan, Kepala Rutan Kelas IIA Palu, Nanang Rukmana ucapkan terimakasih kepada Kodim atas kesediaannya hadir dan mengisi materi tentang Wawasan Kebangsaan khususnya kepada Kasdim 1306/Donggala, Mayor Inf. Iko Power yang hadir sebagai Pemateri dalam kegiatan tersebut.

Kodim 1306 Donggala mengisi kegiatan tersebut dengan memberikan edukasi tentang pendidikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada para Warga Binaan, dan kegiatan tersebut mendapat respon positif dari Warga Binaan yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Iko sampaikan beberapa hal salah satunya adalah mengajak untuk menjadi warga negara yang memiliki Wawasan Kebangsaan dan semangat dalam menjalankan kegiatan.

Lebih lanjut, iko jelaskan “Wawasan Kebangsaan adalah cara kita memandang kedepan dan rasa cinta terhadap Bangsa”, jelasnya.

Makna dari Wawasan Kebangsaan itu sendiri adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

WhatsApp Image 2019 09 28 at 12.45.23 PM

Indonesia memiliki 4 Pilar Kebangsaan yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, ke-4 Pilar tersebut harus senantiasa kuat dan kokoh.

Terakhir Iko harapkan, “Dengan hadirnya seluruh Warga Binaan yang menghadiri kegiatan pada hari ini saya harap ada perubahan dalam diri dan setelah keluar dari tempat ini pun kita dapat berbuat baik dengan memberikan banyak manfaat bagi Bangsa dan Negara”, tutupnya.

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air pada Warga Binaan dan mempunyai Wawasan Bela Negara serta dapat berperan aktif untuk mewujudkan kemajuan Bangsa dan Negara. (Humas Kanwil Sulteng)

WhatsApp Image 2019 09 28 at 12.45.26 PM


Cetak   E-mail