SALAM #INDONESIABANGKIT!! MENGGEMA DI KANWIL KEMENKUMHAM SULTENG

IMG 0206

Bertempat di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah, hari ini Senin tanggal 22 Mei 2017 diselenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke- 109 Tahun 2017.

Upacara Bendera yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Iwan Kurniawan, SH, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur upacara, dihadiri oleh para Kepala Divisi dan Pejabat Struktural  pada Kantor Wilayah, serta Kepala Unit Satuan Kerja beserta Staf baik dari Kantor Wilayah maupun perwakilan dari UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI, yang berisi mengajak agar dengan semangat Kebangkitan Nasional ke- 109 Tahun ini yang semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa,  hendaknya kita tetap dapat mendahulukan kepentingan bangsa dengan tidak meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial. Untuk itu Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Dalam program Nawacita, aspek pemerataan mendapat perhatian khusus. Pemerataan pembangunan antar wilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah- daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan. Pada awal tahun 2017 ini, meski angkanya membaik dibanding tahun sebelumnya, koefisien Nisbah Gini atau Gini Ratio yang merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40%. Untuk itu Bapak Presiden meminta aparat penyelenggara Negara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan tersebut melalui berbagai langkah yang multidimensi. Berlatarbelakang pemikiran tersebut, maka kiranya tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional” yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini adalah pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam didalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.

Masih dalam sambutan Menkominfo yang di bacakan oleh Kepala Kantor Wilayah selaku Inspektur Upacara, bahwa perubahan besar yang terjadi, yang kalau boleh di rangkum dalam satu kata, kiranya “digitalisasi” adalah kata yang tepat. Dengan inovasi digital, mungkin kita dihadapkan pada kejutan-kejutan dan tatacara baru dalam berhimpun dan berkreasi. Sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa. Satu hal yang pasti, kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa di tengah gempuran lawan-lawan yang bisa jadi makin tak kasat mata. Justru karena itulah maka kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial.

Semoga kita semua bisa meniti ombak besar perubahan digital dengan selamat dan sentosa dan berbuah manis bagi orientasi pelayanan kepada masyarakat. Hanya dengan semnagat untuk tidak meninggalkan satu orang pun tercecer dalam gerbong pembangunan maka Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan tetap jaya.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke- 109, Salam #IndonesiaBangkit !!

IMG 0187

IMG 0340


Cetak   E-mail