UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA KARYADHIKA DAN RAMAH TAMAH DI LINGKUNGAN KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM SULTENG TAHUN 2018

IMG 4453

Humas – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sulawesi Tengah, Juliasman Purba, menjadi pembina Upacara sekaligus membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM R.I dalam rangka peringatan hari lahir Kementerian Hukum dan HAM atau biasa juga disebut dengan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) yang berlangsung di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulteng Pada hari ini Selasa (30/10/2018) dengan tema “Sinergi Kerja – Kami PASTI”. Upacara ini kembali memakai pakaian dinas upacara PDU-I, pakaian dinas PDU-II serta pakaian dinas Harian. Sedangkan di tahun 2017 kemarin seluruh peserta upacara memakai pakaian adat daerah.

Dalam sambutan Mennteri Hukum dan HAM R.I, Yasonna H. Laoly, yang di bacakan oleh Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulteng mengatakan, Hari ini adalah kesekian kalinya kita berdiri bersam-sama untuk mengikuti upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan HAM. Kadang-kadang saya berfikir dan merenung, apa sebenarnya Dharma Karyadika ini dan apa Maknanya.

IMG 4446

Dharma karyadika sebagaimana diartikan kata perkata menurut ejaan KBBI adalah sebuah istilah yang diambil dari bahasa Sansekerta, dan arti dasarnya ialah Kewajiban, Aturan, serta Kebenaran. Sedangkan arti dari kata “Karya” menurut KBBI yaitu Pekerjaan, Hasil Perbuatan, atau Buatan dan arti kata dari “Dhika” yaitu Anak Manusiayang diberi kelebihan, sehingga jika diartikan secara menyeluruh yaitu “Manusia diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan sesuai kewajiban, aturan dan kebenaran”. Sungguh dalam makna yang terkandung dari sebuah kata Dharma Karyadhika, ternyata eksistensi ASN Kementerian Hukum dan HAMdibuktikan melalui hasil kerjanya dalam menjalankan kewajiban sesuai aturan.

Tahun 2018 sudah berada di ujung penghabisan, saatnya kita perkuat sinergitas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dengan solusi yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan tema yang kita usung tahun ini, tema ini harus benar-benar diimplementasikan pada semua aspek kehidupan birokrasi kita di Kementerian Hukum dan HAM.

IMG 4421

Memaknai Dharma Karyadhika dari sudut pandang kinerja adalah bagaimana kita mengoptimalkan kinerja kita sebaik-baiknya. Persoalan kinerja adalah tanggung jawab bersama dari hulu sampai ke hilir, seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM. Kunci dari suksesnya suatu organisasi adalah adanya komitmen dan disiplin yang kuat dari masing-masing individunya, Aparatur Sipil Negara yang mempunyai Komitmen dan disiplin yang kuat terhadap tanggung jawabnya, akan menciptakan budaya kerja yang baik dan sehat dalam lingkungannya.

Khususnya untuk saudara-saudara kita yang kemarin tertimpa bencana, baik di Lombok maupun di Palu Sulawesi Tenbgah, ayo kita bangkit, menatap masa depan, memperbaiki semuanya dengan kerja keras dan sinergitas, selamat bekerja, jadilah insan pengayoman yang cerdas, bermartabat dan berwibawa. Semoga ke depannya Kementerian Hukum dan HAM semakin sukses, maju, dan jaya selamanya.

IMG 4488

Kegiatan upacara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi para pegawai/ASN yang telah memasuki masa dinas 10, 20 sampai dengan 30 tahun serata penghargaan untuk para Purna Bhakti yang diwakili dari Rumah Tahanan Klas IIb Donggala. Upacara ini juga di hadiri Seluruh Kepala Divisi, Pejabat Struktural Eselon III, IV dan V, seluruh ASN di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sulteng, khususnya untuk wilayah Kota Palu dan Donggala, serta para tamu undangan lainya.

IMG 4424

Usai melaksanakan upacara peringatan hari Dharma Karyadhika, acara dilanjutkan dengan kegiatan Ramah Tamah dengan tema yang dilaksanakan di halaman tengah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, dengan agenda kegiatan Sambutan Kepala Kantor Wilayah, Siraman Rohani yang di isin oleh, Ustadz Adrian, dan Pemotongan Tumpeng yang di wakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto, untuk pegawai yang tertua dan termuda di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng. Kegiatan ramah tamah ini bertemakan “Mensyukuri Nikmat Keselamatan yang Dianugrahkan Oleh Tuhan Yang Maha Esa Kepada Kita Saat Terjadinya Bencana Alam 28 September 2018”. #Palu Kuat #Palu Bangkit.

Tidak hanya di Kantor Wilayah, dibeberpa Unit Pelaksana Teknis Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulteng, seperti Lembaga Pemasyarakatan Klas IIb Luwuk, Lembaga Pemasyarakatan Klas IIb Toli-Toli, Lembaga Pemasyarakatan Klas IIb Ampana, Lembaga Pemasyarakatan Klas III Leok, Rutan Klas IIb Poso, Cabang Rutan Parigi, Cabang Rutan Kolonedale, Balai Pemasyarakatan Klas II Luwuk serta Kantor Imigrasi Klas III Banggai turut serta melaksanakan Upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika ini di halaman kantornya masing-masing.

IMG 4498

Penyerahan Penghargaan oleh Kakanwil.

IMG 4462

Foto Bersama Kakanwil dan KUPT

IMG 4501

Foto Bersama Kakanwil dan Pejabat di Lingkungan Kanwil.

IMG 4505

Acara Ramah Tamah.

IMG 4558

IMG 4572

IMG 4578

IMG 4549

Lapas Klas III Leok.

index

H

LapasKlas IIb Luwuk.

Ddd

Cabang Rutan Kolonedale.

kkk

Kanim Klas III Banggai.

HHDDKKDD

jjppggkkj


Cetak   E-mail