KAKANWIL KEMENKUMHAM SULTENG LANTIK NOTARIS PENGGANTI KOTA PALU

WhatsApp Image 2019 05 15 at 2.42.15 PM

PALUBertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Kepala Kantor Wilayah, Zulkifli, pada hari ini Rabu (15/5/2019), melantik dan mengambil sumpah jabatan Satu Orang Pejabat Notaris pengganti Kota Palu, Satu orang Notaris yang dilantik ini merupakan sebagai Notaris Pengganti dari Notaris Utama yang sedang mengambil/melakukan Cuti dalam melaksanakan tugasnya, dan hal ini berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Mejelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Provinsi Sulawesi Tengah dan Majelis Pengawas Daerah (MPDN).

Kepala Kantor Wilayah, menyampaikan bahwa jumlah Notaris di Sulawesi Tengah ini  jumlahnya sangat minim dibandingkan dengan Notaris yang ada di wilayah lain dan Kepada para Notaris yang baru dilantik, dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 perubahan atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, bahwa organisasi profesi Notaris yang diakui oleh pemerintah hanya Ikatan Notaris indonesia. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme anggotanya.

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan, “Saudara perlu memahami bahwa Notaris dalam melaksanakan tangung jawabnya jabatan, wajib bertindak secara objektif dan tidak memihak yang direfleksikan sesuai dengan sikap dan prilaku. Baik ke dalam maupun ke luar demi menjamin otentitas dari akta-akta yang di buatnya. Integritas pribadi dan kecakapan profesi merupakan sikap yang harus di perhatikan.’’ tutur Kakanwil dihadapan Notaris Pengganti yang baru dilantik.

Kakanwil  berpesan kepada Notaris pengganti yang telah dilantik, bahwa tugas dan tanggung jawab notaris pengganti sama dengan tugas dan tanggung jawab Notaris biasanya serta agar dalam menjalankan tugas sebagai notaris pengganti untuk senantiasa berlaku amanah, jujur, adil, tertib, dan berpegang teguh pada Undang-Undang Jabatan Notaris, Kode Etik Notaris, serta peraturan perundang-undangan lainnya. Hal ini ditujukan agar baik para Notaris maupun Notaris pengganti tidak menghadapi masalah di kemudian hari. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri beberapa Pimpinan Tinggi Pratama yakni Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggoro Dasananto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto, dan Para Pejabat Pengawas dan Administrator dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah dan para Pengurus Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Sulawesi Tengah. (red/dok:Humas Kanwil Sulteng)

WhatsApp Image 2019 05 15 at 2.37.04 PM

WhatsApp Image 2019 05 15 at 2.45.10 PM

WhatsApp Image 2019 05 15 at 2.36.51 PM


Cetak   E-mail