Kakanwil Kumham Sulteng Kukuhkan Pengurus Gudep Lapas Leok

WhatsApp Image 2020 09 12 at 9.08.51 AM 1

PALU - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Lilik Sujandi, Kukuhkan Pengurus Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Leok, Jumat (11/9).

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Buol, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Buol, anggota DPRD dan pejabat teras lingkup pemda, TNI dan Polri serta warga binaan Lapas Kelas III Leok.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi dalam sambutannya mengatakan, bahwa gerakan pramuka sengaja dibentuk di semua Lapas untuk dijadikan sebagai satuan komunitas pengayoman untuk membina narapidana, agar dapat terus memperbaiki diri dengan mengikuti kegiatan dan aktif dalam keanggotaan pramuka ini.

WhatsApp Image 2020 09 12 at 9.08.46 AM

“Pentingnya kegiatan ini agar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mampu mandiri dan menambah keterampilan. Jika mengikuti kegiatan produktif, tidak terpikir lagi untuk melakukan aktivitas yang sia-sia seperti penyalahgunaan narkoba. Jadilah generasi penerus bangsa yang berdedikasi dan bertanggung jawab,” pesannya

Ia pun mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru dikukuhkan dan berharap agar pengurus tersebut benar- benar melaksanaan kegiatan yang produktif, sebagaimana fungsinya, melakukan pembinaan kepramukaan bagi WBP dengan tujuan membentuk kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat.

“Pramuka bukan hanya latihan tepuk tangan dan bersenang senang saja, namun ada yang lebih di dalam kegiatannya terutama untuk membentuk kepribadian manusia yamg memiliki karakter dan memiliki disiplin yang tinggi dalam kesehariannya, sehingga banyak manfaatnya yang bisa diperoleh,” ujarnya

Lilik juga menambahkan, dengan kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan sikap kebersamaan, untuk saling bekerjasama di dalamnya sehingga mereka yang ikut pramuka memiliki sikap tolong menolong antar sesama dan saling mengasihi apalagi mereka yang di dallam Lapas/Rutan diharapkan bisa menerapkan pengetahuannya didalam kepramukaan selama menjalani pidana di dalam sehingga setelah bebas nanti mereka bisa benar benar siap kembali untuk ikut membangun masyarakat.

WhatsApp Image 2020 09 11 at 8.45.07 PM

"Warga binaan di Lapas/Rutan kita berikan pengetahuan kepramukaan dengan pengetahuan hukum sehingga nantinya menyadari kesalahan yang telah diperbuat, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dan bertanggung jawab," pungkasnya

Acara yang berlangsung di Lapangan dalam Lapas Kelas III Leok tersebut, Kepala Lapas Edy Yulianto SH, pun dikukuhkan sebagai Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kambigus), Selain itu juga dilantik para kakak-kakak Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Anggota Mabigus serta Pembina Gugus Depan. Dirangkaikan dengan peresmian Dojang Taekwondo Lapas Kelas III leok. (Humas Kanwil Sulteng)

WhatsApp Image 2020 09 11 at 8.45.06 PM

WhatsApp Image 2020 09 12 at 9.08.51 AM

WhatsApp Image 2020 09 11 at 8.45.07 PM 1


Cetak   E-mail