DETEKSI DINI BAHAYA KEBAKARAN, KANWIL KEMENKUMHAM SULTENG BERSAMA DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA PALU LAKUKAN PENGECEKAN APAR

WhatsApp Image 2022 06 30 at 14.03.52

PALU – Kepala Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha, dan Rumah Tangga, Abraham Hariyanto Bersama Perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, Sunarti, lakukan Pengecekan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng), pada Kamis (30/06).

Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan deteksi dini kebakaran dengan memastikan APAR yang ada tidak bermasalah jika nantinya ada hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

WhatsApp Image 2022 06 30 at 14.03.52 2

“ Meskipun APAR jarang digunakan dalam kurun waktu lama, bukan berarti APAR tidak membutuhkan inspeksi dan perawatan. Justru harus rutin melakukan inspeksi, supaya jika sewaktu-waktu akan digunakan APAR dalam kondisi prima, “ Pungkas Abraham.

Berikut langkah-langkah cara inspeksi apar oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu :

  • Pertama-tama kita harus mengetahui informasi tentang APAR dari data inspeksi sebelumnya. Cek data ini pada kartu APAR yang digantung di dekat tuas APAR.
  • Setelah itu, periksa tekanan APAR. memeriksa tekanan APAR dengan sistem stored pressure dilakukan dengan cara melihat komponen pressure gauge. Jika jarum pada pressure gauge masih di area hijau (13-15 bar) berarti tekanannya masih normal.
  • Sedangkan untuk mengecek tekanan pada APAR dengan sistem cartridge, bisa dilihat dari segel pada leher APAR. Jika segel masih bagus, berarti tekanannya masih terjaga dan normal. Jika tekanan APAR menurun, segera lakukan isi ulang tekanan.
  • Selanjutnya, periksa safety pin. Jika safety pin rusak atau hilang, kemungkinan APAR sudah pernah digunakan. Jika APAR sudah pernah digunakan, maka harus segera diisi ulang sesuai medianya.

WhatsApp Image 2022 06 30 at 14.03.52 1

(HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM SULTENG)

@kemenkumhamri
@damkar_kotapalu
@argap.situngkir#kemenkumhamsulteng
#kumhampasti


Cetak   E-mail