Tingkatkan dan Perkuat Sinergitas, Kanwil Kemenkumham Sulteng Lakukan Silaturahmi pada DPRD Provinsi Sulteng

WhatsApp Image 2024 03 05 at 18.26.15 2

Palu, Sulawesi Tengah - Pada hari Selasa, 5 Maret 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan silaturahmi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulteng. Kegiatan ini bertempat di Kantor DPD Provinsi Sulteng.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Raymond J.H Takasenseran, Kepala Divisi Imigrasi, Arief Hazairin Satoto, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro. Mereka disambut langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Sulteng berharap agar silaturahmi ini dapat meningkatkan sinergitas antara Kemenkumham Sulteng dan DPRD Provinsi Sulteng dalam berbagai bidang dan dapat membantu dalam Pembangunan di Sulawesi Tengah

WhatsApp Image 2024 03 05 at 18.26.15 1

Hermansyah Siregar kemudian menyoroti beberapa bidang yang menjadi fokus utama Kemenkumham Sulteng saat ini, yaitu:

  • Kekayaan Intelektual yang mana membahas terkait Edukasi dan bagaimana mendorong masyarakat untuk mendaftarkan kekayaan intelektual mereka. Hal ini bertujuan untuk melindungi hak-hak mereka dan meningkatkan nilai ekonomi dari kekayaan intelektual tersebut.
  • Indikasi Geografis yang mana Kemenkumham Sulteng juga sedang memproses beberapa produk unggulan daerah Sulteng untuk mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk-produk tersebut di pasar global.
  • Isu Pemasyarakatan yang membahas terkait bagaimana Kemenkumham Sulteng terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan di bidang pemasyarakatan. Salah satu fokus utama saat ini adalah untuk mengatasi overkapasitas di lembaga pemasyarakatan.
  • Keimigrasian: Kemenkumham Sulteng terus meningkatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat. Salah satu fokus utama saat ini adalah untuk mempermudah proses penerbitan paspor.
  • Pemenuhan HAM: Kemenkumham Sulteng berkomitmen untuk terus meningkatkan pemenuhan hak asasi manusia di wilayah Sulteng.

Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Nilam Sari Lawira, menyambut baik silaturahmi ini. Ia menyatakan bahwa DPRD Provinsi Sulteng siap untuk mendukung program dan kegiatan Kemenkumham Sulteng.

"DPRD Provinsi Sulteng memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung pembangunan di Sulawesi Tengah," kata Nilam Sari Lawira.

"Oleh karena itu, kami siap untuk bekerjasama dengan Kemenkumham Sulteng dalam berbagai bidang," imbuhnya.

Silaturahmi ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara kedua belah pihak terkait dengan berbagai bidang yang menjadi fokus utama Kemenkumham Sulteng.

Mengakhiri kegiatan dilakukan Foto Bersama serta Penyerahan Cindera Mata.

WhatsApp Image 2024 03 05 at 18.26.15 1

WhatsApp Image 2024 03 05 at 18.26.15 5


Cetak   E-mail