Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Kemenkumham Sulteng Gelar Pembinaan dan Pengembangan JDIH, Upayakan Ciptakan Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum Terpadu serta Terintegrasi

WhatsApp Image 2024 06 25 at 10.32.371PALU – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), Selasa, (25/6/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh para pengelola JDIH dari berbagai instansi di wilayah Sulteng, termasuk dari pemerintah daerah, DPRD, dan perguruan tinggi serta menghadirkan 2 orang narasumber diantaranya, Kabag Peraturan Perundang-Undangan Sekretariat Daerah Provinsi Sulteng serta Pustakawan Ahli Muda dari Badan Pembinaan Hukum Nasional.

Membuka kegiatan, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menyampaikan bahwa JDIH memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan hukum nasional, penyelenggaraan pemerintah, serta kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hermansyah mengatakan, JDIH diarahkan untuk dapat mendayagunakan kerjasama bahan hukum secara terpadu antara pusat jaringan dengan anggota jaringan, baik dipusat maupun didaerah secara terencana, tertib, teratur dan berkesinambungan berdasarkan standarisasi pola operasional yang seragam.

Pola operasional tersebut, kata Hermansyah, meliputi kegiatan yang berkaitan dengan fungsi dokumentasi yaitu mulai pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, pemeliharaan serta penyebarluasan.

“JDIH ini diatur dalam Pasal 1 angka 3 Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012, yang memiliki tujuan untuk menjamin terciptanya pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang terpadu dan terintegrasi diberbagai instansi pemerintah dan institusi lainnya,” kata Hermansyah Siregar.

WhatsApp Image 2024 06 25 at 10.37.10Lebih lanjut, Hermansyah Siregar  menegaskan bahwa Kemenkumham Sulteng terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi dokumen dan informasi hukum di JDIH.

Komitmen itu juga, katanya, wajib diikuti dengan pengelolaan  Dokmentasi dan Informasi Hukum yang memiliki sarana dan prasarana, sumber daya manusia dan anggaran yang baik.

“Pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang dimaksud adalah kegiatan pengadaan, pengolahan, penyimpanan, pelestarian, dan pendayagunaan informasi dokumen hukum. Untuk itu, pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum pusat JDIHN dan anggota JDIHN wajib menyediakan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia, dan anggaran,” terangnya.

WhatsApp Image 2024 06 25 at 10.37.35Hermansyah Siregar pun berharap agar kegiatan tersebut dapat memberi dampak besar bagi pembangunan bangsa dan negara, khususnya kemajuan Sulawesi Tengah.

WhatsApp Image 2024 06 25 at 10.37.34Selain itu, ia juga mengajak kepada seluruh pengelola JDIH dapat terus meningkatkan kerja sama, sehingga dapat menjamin ketersediaan dokumen hukum yang lengkap dan akurat, serta dapat diakses secara cepat dan mudah di Sulteng.

“Pertemuan ini akan intens kita lakukan, agar kerja sama dapat terus menguat. Fokus kita semua adalah bagaimana semua dokumen dan informasi hukum dapat lebih lengkap, akurat dan dapat diakses secara tepat,” tutup Hermansyah Siregar.

HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM SULTENG

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SULAWESI TENGAH
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Dewi Sartika No.23, Birobuli Selatan, Kec. Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94114
PikPng.com phone icon png 604605   +6285696327541
PikPng.com email png 581646   Email
    kanwilsulteng@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    humassulteng@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI JAWA BARAT


facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Jakarta No.27, Kebonwaru, Kec. Batununggal
Kota Bandung, Jawa Barat 40272
PikPng.com phone icon png 604605   081320467193
PikPng.com email png 581646   kanwiljabar@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kumhamjabar@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI